Senin, 04 Februari 2008

Xavi Menangkan Barca

Espanyol Geser Villarreal
Senin, 04 Februari 2008 03:03


Gol tunggal gelandang Spanyol Xavi Hernandez sesaat sebelum bubaran memberikan kemenangan penting bagi Barcelona usai mengalahkan Osasuna 1-0, Minggu (3/2), sekaligus mempersempit jarak dengan Real Madrid.


Tambahan tiga poin ini membuat Barcelona kini hanya terpaut enam angka di belakang Madrid. Los Azulgranas menempati posisi runner up mengumpulkan 47 poin dari 22 pertandingan.

Tampil dalam guyuran hujan di Nou Camp, Barcelona memainkan trio penyerang Thierry Henry, Lionel Messi dan Bojan Krkic dengan ditopang oleh Andres Iniesta dan Deco De Souza dari lini tengah.

Dan sepanjang pertandingan Barcelona mendominasi permainan dengan menciptakan banyak peluang matang yang tak kunjung berbuah gol.

Messi membuka peluang saat penyerang Argentina tersebut menerima umpan Henry namun sayang tendangannya melambung jauh di atas mistar.

Iniesta bahkan bisa saja mencetak gol jika tendangan chop-nya yang melewati kiper Ricardo tidak dihalau bek Nacho Monreal di mulut gawang Osasuna.

Ricardo memberikan penampilan gemilang sepanjang babak pertama setelah untuk kesekian kalinya mampu membuat penyelamatan penting dimana salah satunya saat sundulan Henry yang 99 persen berpeluang menjadi gol berhasil dibloknya.

Peluang terakhir yang didapat Barcelona di babak pertama terjadi saat umpan silang Deco nyaris menjadi gol jika saja Bojan Krkic tidak terlambat sepersekian detik saat menyambutnya.

Di babak kedua, serangan Barcelona semakin menjadi-jadi dimana pelatih Frank Rijkaard membuat sejumlah perubahan dengan memasukkan Giovani Dos Santos, Xavi dan Ronaldinho guna menambah daya serang.

Masuknya ketiga pemain itu, terutama Ronaldinho, memberikan pengaruh yang cukup besar di dalam menembus lini pertahanan Osasuna.

Dan gol yang diharapkan Barcelona akhirnya tercipta di menit ke-88 setelah bola muntah hasil tendangan keras Iniesta berhasil disambar oleh Xavi menjadi sebuah gol.

Di laga berikutnya, Espanyol berhasil merangkak ke peringkat tiga klasemen menggeser Villarreal usai menundukkan tuan rumah Getafe lewat skor ketat 1-0.

Pahlawan kemenangan Espanyol adalah penyerang Jonathan Soriano yang melesakkan gol tunggal di menit ke-17.

Kemenangan ini membuat Espanyol kini terpaut delapan angka di belakang Barcelona dan mengumpulkan poin sama dengan Villarreal yakni 39 poin namun unggul produktivitas gol.

Tidak ada komentar: